Before We Get Married, Lika-Liku Cinta sebelum Pernikahan

Before We Get Married, Lika-Liku Cinta sebelum Pernikahan

Aku pernah baca tulisan teman kuliah yang juga teman bloggerku, Annisast, yang bilang bahwa artikel paling ramai di blognya adalah artikel tentang list pertanyaan yang harus ditanyakan sebelum menikah. Artikel ini masih menduduki puncak page views blognya. Nggak heran sih menurutku, karena ada banyak orang cari sebanyak mungkin informasi sebelum benar-benar masuk ke jenjang pernikahan.

Dan buatku ya memang seharusnya begitu sebelum menikah. Meskipun pada akhirnya kita nggak pernah benar-benar tahu seperti apa pasangan kita dan selalu ada saja hal baru yang nggak terduga atau malah bikin kita kaget perihal sifat serta tabiat pasangan. Tapi, menggali banyak informasi soal pasangan, bagaimana visi misinya ke depan, apa rencana hidupnya, atau bagaimana ia memandang sebuah pernikahan dan keluarga memang penting.

Baca Juga:   Begin Again, Lika-Liku Panjang Kehidupan Pasangan Nikah Kontrak

Karena menurutku, visi setiap orang dalam menikah berbeda-beda. Nggak bisa disamakan dan dinilai dari satu sudut pandang. Itulah kenapa, sebelum menikah banyak hal yang harus dipertimbangkan. Walaupun kadang, lamanya hubungan dan banyaknya pertimbangan juga nggak menjamin mulusnya hubungan menuju jenjang pernikahan. Seperti yang terjadi di Drama Taiwan Before We Get Married.

Sinopsis Before We Get Married

Title: Before We Get Married
Native Title: 我們不能是朋友
Also Known As: Wo Men Bu Neng Shi Peng You, We Cannot Be Friends
Genres: Romance, Drama
Director: Feng Kai
Country: Taiwan
Original Language: Mandarin
Type: Drama
Episodes: 13
Aired: May 31, 2019 – Aug 23, 2019

Zhou Wei Wei punya rencana kehidupan yang sangat teratur bersama pacarnya, Li Hao Yi. Ia hanya menghabiskan uang 150 yuan per hari untuk makan, rajin menabung 20.000 yuan per bulan untuk membeli rumah bersama sang pacar, ingin melahirkan 2 anak sebelum usia 35 tahun, dan pensiun bersama saat usia 65 tahun. Semuanya berjalan seperti itu selama 3 tahun berpacaran. Sayangnya, karena mereka sekantor maka Zhou Wei Wei harus menjalani hubungan backstreet dengan Li Hao Yi karena kantor mereka punya peraturan sesama karyawan dilarang saling berpacaran.

Sementara itu, Chu Ke Huan memiliki kehidupan yang terlihat sempurna dari luar. Ia memiliki Gao Zi Yuan, pacar yang telah 10 tahun bersamanya. Ia juga merupakan pialang saham sukses yang bisa menghasilkan miliaran dalam sehari serta digadang-gadang menjadi CEO perusahaan. Namun, di balik kesempurnaan hidupnya ternyata Chu Ke Huan adalah sosok yang kesepian dan terluka karena selama ini sang pacar sangat mengatur hidupnya. Hubungan 10 tahunnya pun dirasa sangat hambar.

Hingga pada suatu hari Chu Ke Huan bertemu secara tak sengaja dengan Zhou Wei Wei dan sangat tertarik dengan perempuan itu. Berbagai cara dilakukannya untuk mengejar Zhou Wei Wei. Ia bahkan rela menjual murah apartemennya pada Li Hao Yi demi bisa mendapatkan kesempatan berkencan berdua dengan Wei Wei. Walaupun Wei Wei mati-matian menolah Ke Huan dalam berbagai kesempatan, tetapi pria itu tidak menyerah. Lalu bagaimanakah selanjutnya rencana pernikahan Wei Wei dan kehidupan Ke Huan bersama kekasihnya? Akankan mereka bersatu dan meninggalkan pasangan masing-masing yang sudah mendampinginya selama bertahun-tahun?

Review Before We Get Married

Kesan pertama yang aku tangkap dari drama ini adalah topiknya berat dan penting tapi dibalut dengan isu besar yang sensitif yaitu soal perselingkuhan. Isu yang mengerikan buat aku, semengerikan opening drama ini yang kesannya kek drama bokep, haha.

Sebenarnya aku nggak begitu suka dengan gaya penceritaan yang sepertinya pengen menjelaskan kalau baik itu Chu Ke Huan atau Zhou Wei Wei punya relationship yang toxic, tapi dengan jalan keluar selingkuh. Iya selingkuh, karena mereka ciuman dan kencan (meski berkedok biar Wei Wei bisa dapat rumah Ke Huan dengan harga murah yang ditawarkan) di belakang pasangan masing-masing. Karena menurutku, boleh kamu merasa hubunganmu teramat toxic tapi bukan selingkuh jalan keluarnya. Boleh kamu merasa hubunganmu terasa sangat menyesakkan, tapi bukan ‘lari’ dengan orang ketiga sebagai jalan keluarnya. Toh bisa pelan-pelan hubungan yang dahulu diputus dengan baik, lalu memulai hubungan kembali dengan orang lain.

Sebenarnya karakter tokoh-tokoh utama dalam drama ini nyebelin dan nggak lovable. Kesel aja lihatnya, apalagi si Wei Wei yang plin-plan. Aku bertahan karena pengen melihat koplaknya Hak Ke Fei yang bar-bar tapi baik hati. Nih drama nggak story line, nggak karakternya, pada ngeselin semua, haha. Beberapa tokoh dalam drama ini:

1. Chu Ke Huan

Ke Huan adalah seorang pialang saham yang juga pekerja keras. Di usianya yang masih muda, dia berhasil jadi CEO  perusahaan penanaman modal dan sukses dari segi finansial. Secara kasat mata kehidupannya sempurna. Dia punya pacar sosialita cantik yang sudah 10 tahun dipacarinya dan dari luar kelihatan perhatian sama dia. Bahkan sampai hal-hal kecil soal Ke Huan ini diperhatikan dan diatur sama pacarnya sampai dia merasa sesak sendiri.

Sayangnya, Ke Huan ini nggak tegas sama pacarnya. Dia benci lihat pacarnya yang belanja barang-barang branded muluk tapi diam aja. Dia benci diatur-atur, tapi diam aja. Dia benci sama pacarnya, tapi kalau di depan orang-orang pura-pura bahagia. Ke Huan seolah nggak berdaya sama pacarnya karena dikasih wasiat sama almarhum ibu sang pacar buat jagain anaknya. Tapi dia juga benci sama pacarnya karena menggugurkan calon anak mereka tanpa ngomong terlebih dahulu.

Greget emang kalau lihat Ke Huan ini. Di satu sisi sebal karena dia selingkuh, tapi di sisi lain aku tuh pengen bilang “Mbok ya putusin aja pacarmu, ambil kartu-kartu kreditmu kalau udah nggak sayang.” Laki macam gini kalau di dunia nyata malas banget dijadiin pacar, haha.

Oh ya, sepanjang nonton (karena aku nonton di We TV dengan menghidupkan kolom komentar) aku ketawa-ketawa karena banyak yang komen Jasper Liu mirip Pak Jokowi. Pas kuamat-amatin, iya juga sih sekilas kayak Pak Jokowi waktu muda. Padahal aku pas nonton cuplikan Twogether yang dia sama Lee Seunggi ke Jogja, nggak kepikiran mukanya kayak Pak Jokowi.

2. Zhou Wei Wei

Zhou Wei Wei adalah manager proyek di sebuah perusahaan komunikasi. Dia diceritain sebagai cewek yang biasa aja, standar karyawan pada umumnya. Awalnya dia cukup setia sama pacarnya walaupun kadang hati kecilnya bertentangan dengan apa yang dilakukan sang pacar. Sikap setia dan cueknya dia bahkan saat melihat Ke Huan yang punya pesona di mata cewek-cewek ini malah bikin Ke Huan jadi tertarik.

Tapi Wei Wei ini semakin ke sini menurutku jadi karakter yang plin-plan. Di satu sisi dia punya plan dan pengen terus setia sama pacarnya, tapi di sisi lain dia merasa ada yang salah dalam hubungan sama pacarnya tapi dia nggak mau atau malah nggak berani buat ngomong dan konfrontasi. Jadi sosoknya ini ngambang banget.

Kadang aku ngerasa Wei Wei ini kasihan karena jadi ‘tumbal’ planning besar pacarnya, tapi kadang juga sebel soalnya pas dia masih status pacar orang malah make out sama Ke Huan yang notabene pacar orang juga. Di mata Ke Huan, Wei-Wei ini bikin penasaran karena malu-malu mau tapi di mataku malah ngeselin karena dia semacam people pleaser yang nggak bisa ambil keputusan. Bahkan ketika dia dilabrak sama pacar Ke Huan saja, nggak bisa ngelawan dan malah dibelain sama sahabatnya.

3. Gao Zi Yuan

Gao Zi Yuan adalah perempuan yang sangat bergantung sama pacarnya. Selain demanding dalam hal finansial, dia juga control freak. Dia mengatur banyak hal dari Ke Huan bahkan sampai mau merendahkan diri buat gaul dan ‘menjilat’ sama jajaran atasan perusahaan demi kekasihnya bisa duduk di bangku CEO. Sekilas dari luar dan di mata teman-teman Ke Huan, Zi Yuan ini kekasih yang perhatian tapi nyatanya sangat memuakkan.

Lha gimana nggak memuakkan, tiap hari kerjaan Zi Yuan cuma belanja barang-barang branded. Bahkan sampai dia udah putus sama Ke Huan pun masih nggak tahu malu kalau belanja pakai kartu kredit Ke Huan. Zi Yuan bahkan sama sekali nggak mau kerja dan mandiri secara finansial ketika masih sama Ke Huan. Andalannya adalah selalu mengungkit hubungan yang sudah 10 tahun berjalan sama wasiat ibunya.

4. Li Hao Yi

Kalau kata Han Ke Fei, sahabat Wei Wei, Li Hao Yi ini laki-laki yang nggak bikin orang nengok pas ngelihat dia. Ya istilahnya biasa banget lah. Li Hao Yi diceritain mukanya juga standar (walaupun aslinya mah ganteng), jabatan di kantor cuma staf R&D, gaji pas-pasan, begitu pun keuangan makanya cenderung pelit tapi punya beberapa mimpi bersama bareng Wei Wei. Jadi, jatuhnya si Hao Yi ini cenderung ngatur sendiri dan nggak mau berusaha lebih keras buat calon istrinya. Bahkan dia nggak pernah punya plan B dari semua rencananya.

Sebagai seorang cowok, Hao Yi ini cemen banget. Dia 3 tahun merahasiakan hubungannya sama Wei Wei hanya karena perusahaan nggak ngebolehin sesama karyawan pacaran. Yang aku lihat Li Hao Yi juga bukan tipikal laki-laki yang memanjakan Wei Wei sebagai seorang kekasih, tapi diajak kerja keras bareng as a partner sampai nanti mereka tua. Sampai di sini sih aku masih nggak keganggu. Dia justru nyebelin saat mulai sibuk dan sukses, perlahan dia malah melupakan Wei Wei, nggak ngasih ruang buat berbicara, dan cenderung membuat keputusan sepihak. Overall, Hao Yi ini sebenarnya laki-laki baik tapi terlalu cemen dan nggak gentle dalam bersikap sama kekasihnya.

5 Han Ke Fei

Satu-satunya yang membuatku bertahan buat nonton drama ini ya tokoh Ke Fei. Ke Fei adalah PR di kantor Wei Wei. Dia sahabat Wei Wei yang koplak banget tapi badass. Mulutnya pedas, kelakuannya kadang eror, bitchy, tapi baik banget sama Wei Wei. Ke Fei akan maju paling depan kalau Wei Wei disakiti. Dia rela digampar sama Zi Yuan demi melindungi Wei Wei. Dia juga rela bantuin tugas kantor dadakan Wei Wei sampai lembur. Dia pula yang dari awal menyadari kalau Hao Yi nggak cocok dan mencoba menyadarkan Wei Wei. Pokoknya Ke Fei ini sahabat idaman banget deh.

Awalnya aku sebel sama Ke Fei karena nih orang kok bitchy banget. Udah mah pake bajunya pasti ngablak, ditambah lagi semua laki-laki yang dikenal diembat sama dia termasuk asistennya Ke Huan dan pegawai magang di kantornya. Bagi Wei Wei, semua hubungan itu senang-senang dan nggak pakai cinta, tapi begitu dia jatuh cinta sama orang yang nggak disangka-sangka malah duluan nikahnya.

Kalau biasanya aku nonton Drama China atau Taiwan akan skip-skip side story selain tokoh utamanya, tapi di drama ini nggak. Aku malah suka banget sama Ke Fei dan menantikan aksi apalagi nih yang mau dia buat.

Ke Fei-Ke Huan-Wei Wei waktu harus dinas di luar kota

Drama ini secara keseluruhan adalah soal cerita cinta dewasa. Makanya adegan-adegannya juga banyak yang ‘berbahaya’ buat ditonton orang yang menurutku belum punya kontrol penuh atas dirinya. Takutnya salah mengartikan kalau suatu perbuatan kayak selingkuh walaupun sama pacar itu hal yang lumrah. Belum lagi openingnya tuh diambil dari adegan ranjangnya Ke Huan sama Wei Wei makanya udah kayak drama bokep.

Buatku nih drama lumayan berani adegan-adegannya. mungkin karena ceritanya soal cinta orang dewasa. Soale selama ini kalau lihat Drama China ya cuma gitu thok, ciuman aja kaku banget. Eh tapi ini kan Drama Taiwan ya? Taiwan sama Cina kan beda negara, haha.

Ya sud lah, selamat menonton.

IMDB Preview

Before We Get Married (2019)

Before We Get Married poster Rating: 7.4/10 (173 votes)
Director: N/A
Writer: N/A
Stars: Jasper Liu, Hsueh-Fu Kuo, Steven Sun, Nita Lei
Runtime: 75 min
Rated: N/A
Genre: Drama
Released: 31 May 2019
Plot: Wrong encountering, ignites the fatal spark. If they should be neither lovers, nor friends, how should they be?

 

 

0 Comments
Previous Post
Next Post