You are My Hero, Kisah Cinta Pekerja Kemanusiaan

You are My Hero, Kisah Cinta Pekerja Kemanusiaan

Dulu pas aku masih jadi wartawan, aku selalu bangga kalau jadi pahlawan bagi orang-orang. Aku masih ingat saat Jakarta dilanda banjir besar hingga Bundaran HI kerendam sama air warna coklat, aku sampai 3 hari nggak pulang. Kerjaanku di lapangan sama tim memantau banjir. Aku masih ingat, bahkan hari itu tim liputan dari tempatku kerja yang pertama kali masuk daerah Jakarta Barat dan Utara yang udah kayak kota mati. 3 hari pindah-pindah tempat yang belum bisa diakses demi informasi, evakuasi, dan penyaluran donasi. Aku bangga karena bisa jadi penyambung informasi bagi orang lain.

Meskipun begitu, ada harga mahal yang harus dibayar. Aku harus merelakan waktu liburku kepotong sehari padahal pekan itu aku udah izin tukar libur sama atasan karena mau pacaran dan mempersiapkan lamaran. Aku juga rela tidur berdempetan udah kayak ikan asin sama rekan kerja yang semuanya laki-laki, nggak keramas berhari-hari, tidur di mobil, nggak mandi, bahkan temanku sampai kutu airan kakinya gara-gara ngambil gambar di banjir mulu.

Tapi ya begitulah pekerjaan wartawan. Alih-alih mengumpulkan cuan banyak, pekerjaan itu lebih banyak didasari karena pengabdian. Karena kalau mau jadi kaya, jangan jadi wartawan soalnya gajinya kecil. Pekerjaan wartawan didasari karena hati nurani dan niat menolong. Aku rasa bukan hanya wartawan yang kayak gini. Polisi, tentara, dokter, tenaga kesehatan, bahkan pejabat pun (seharusnya) didasari atas kemanusiaan bukan semata untuk cuan. Kayak drama yang satu ini, yang tokoh-tokoh utamanya bekerja di bidang pekerjaan yang berhubungan dengan kemanusiaan.

Sinopsis You Are My Hero

 

Judul: You Are My Hero / Kaulah Pelindungku

Judul China: 你是我的城池营垒 / Ni Shi Wo De Cheng Chi Ying Lei

Genre: Drama, Romantis, Aksi

Negara: China

Sutradara: Zhang Tong

Penulis Skenario: Qin Wen

Produser: Mao Wei Ning

Produksi: Huace Media, The Ministry of Public Security Shield Entertainment Center

Channel TV: Tencent Video, WeTV, Youku

Jumlah Episode: 40 Episode

Durasi: 45 menit

Masa Tayang: 11 Maret 2021 – 8 April 2021

Mi Ka merupakan dokter bedah magang di sebuah rumah sakit. Pada suatu waktu, ia terjebak di tengah perampokan yang hampir merenggut nyawanya. Beruntung, dia diselamatkan oleh pasukan SWAT. Sejak saat itulah, ia jatuh cinta dengan profesi penyelamat ini. Hingga beberapa tahun kemudian ia bersama beberapa rekan dokternya mengikuti pelatihan keselamatan bencana bersama Tim SWAT Xianjing dan bertemu kembali dengan ‘Paman Swat’ yang juga kapten tim yang jadi idolanya bertahun-tahun, Xing Kelei.

Baca Juga:   Perfect and Casual, Kisah Klasik Asyik Nikah Kontrak

Awalnya Mi Ka tidak tahu kalau Xing Kelei adalah anggota SWAT yang dulu pernah menyelamatkannya. Tapi setelah berbagai peristiwa dan kebetulan yang terjadi, Mi Ka pun akhirnya mengetahui jati diri Xing Kelei. Profesi mereka yang sama-sama bertugas menolong orang pun membuat Mi Ka dan Xing Kelei kerap bertemu hingga akhirnya saling jatuh cinta.

Mi Ka punya banyak mimpi besar sebagai dokter bedah, sementara tugas-tugas berat Xing Kelei untuk menyelamatkan banyak nyawa terus menunggu. Layaknya profesi kemanusiaan yang sama-sama tidak mengenal waktu dan jam kerja, bisakah mereka bertahan satu sama lain untuk tetap meneruskan hubungannya?

Review You are My Hero

Aku nonton drama ini tanpa ekspektasi biar kata temanku bikin baper. Soalnya episode-nya banyak banget, 40 episode buatku lumayan banyak lho biar kata 1 episode-nya cuma 40 menit. Nontonnya bisa sampai berminggu-minggu karena aku siboookk, haha.

Kebayang kan 40 episode akan ada konflik apa aja? Khas Drama China banget, udah pasti konfliknya datang dan pergi, bukan cuma ada 1 konflik atau permasalahan utama. Siklusnya adalah konflik-penyelesaian-konflik-penyelesaian. Begitu sampai 40 episode. Makanya, pas aku nonton drama ini tanpa ekspektasi, terasa lebih ringan.

You are My Hero ini tipikal drama ringan yang bisa ditonton sambil lalu. Konflik antartokoh-nya menurutku nggak berat. Konfliknya rata-rata bersinggungan dengan profesi-profesi tokohnya. Nggak ada tokoh terlalu antagonis di drama ini. Ini dia yang menurutku bikin drama ini ringan banget buat ditonton. Bisa ditonton sambil dijeda beberapa hari karena nggak begitu nagih juga untuk terus nonton tiap episode-nya. Tapi ceritanya hangat dan nggak bikin naik darah dengan plot twist yang bejibun.

Ada banyak yang bilang drama ini semacam remake drakor Descendent of The Sun yang dimainin Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Tapi ada yang bilang juga beda, hanya latar profesi tokoh utamanya yang sama, laki-laki berseragam dan seorang dokter perempuan. Beberapa cuplikan adegannya pun ada yang bilang sama (kata komentar penonton We TV). Entahlah. Karena konon cerita ini diangkat dari sebuah novel China. Nanti kalau aku sudah nonton Descendent of The Sun, akan aku update lagi kira-kira ceritanya sama atau nggak.

Baca Juga:   Dating In The Kitchen, Bikin Pengen Punya Sugar Daddy?

Sebenarnya You are My Hero nggak berfokus pada kisah cinta Mi Ka dan Xing Kelei. Sejumlah 40 episode itu, ada 3 pasangan yang diceritakan di drama ini, yaitu:

  • Mi Ka – Xing Kelei, Si Pasangan Adem Ayem

Walaupun awalnya kayak anjing dan kucing alias love-hate relationship, tapi pasangan ini adalah pasangan paling adem ayem. Mi Ka (Sandra Ma) yang agak clumsy, menjadi sangat dewasa kalau berurusan sama relationship. Padahal, ini adalah pacaran pertama kalinya dalam hidup. Mi Ka yang tenang dan dewasa mampu mengimbangi Xing Kelei (Bai Jing Ting), Kapten SWAT yang garang di lapangan tapi sedikit manja dan bingung solusi kalau sudah berurusan dengan masalah pribadi.

Kalau Mi Ka nggak kelihatan sedang pacaran untuk pertama kalinya, lain dengan Kelei. Tokoh Xing Kelei kelihatan banget baru pertama kali pacaran dari keki, salting, sampai bucinnya sama Mi Ka. Walaupun profesinya sama-sama sibuk dan nggak mengenal waktu, pasangan ini sanggup berkompromi satu sama lain. Nggak ada halangan yang berarti bagi hubungan mereka. Buat orang yang suka percikan-percikan konflik di hubungan percintaan kayak aku, cerita hubungan Mi Ka-Kelei ini terlihat membosankan. Tapi kalau buat orang yang suka uwu-uwuan, hubungan mereka ini manis dan hangat banget.

Btw, di dunia nyata pemeran Mi Ka ini lebih tua 5 tahun dari pemeran Xing Kelei. Tapi pas di drama mereka sama sekali nggak kelihatan gap usianya. Mi Ka ini aslinya cantik, tapi entah kenapa selama di drama hair do-nya selalu rambut dengan kunciran untel-untel. Padahal kalau digerai dia kelihatan cantik dan beda. Emang sih, dia kan diceritakan sebagai dokter bedah yang sibuk sampai nggak sempat urus rambut. Tapi perhatikan deh, hampir 40 episode dan dia nggak pernah berpenampilan dengan rambut tergerai. Agak ganggu buatku yang biasa lihat tokoh cewek dengan rambut yang tergerai indah.

  • Rung Qing Xia – Shu Wenbo, Si Pasangan Tarik Ulur

Kalau Mi Ka-Kelei diceritakan adalah pasangan dokter bedah-polisi, Xia (Jiang Pei Yao) dan Wenbo (Chen Hao) adalah pasangan beda profesi yaitu reporter-polisi. Xia adalah seorang reporter yang juga teman dekat dan teman semasa sekolah Mi Ka sedangkan Wenbo adalah wakil kapten di Tim SWAT Xianjing. Xia adalah orang yang luwes, ceria, supel, dan mudah bergaul. Sedangkan Wenbo orangnya kaku, lempeng, dan nggak peka. Udah bisa dibayangkan kan gimana hubungan mereka dengan segala perbedaan karakternya?

Baca Juga:   Begin Again, Lika-Liku Panjang Kehidupan Pasangan Nikah Kontrak

Awalnya, aku agak kesal sih sama Wenbo karena kok ada sih laki-laki sekaku ini. Tapi ternyata di balik sikap kakunya, Wenbo ini sebenarnya minder sama Xia yang kelihatan kayak perempuan metropolis. Hubungan percintaan mereka diwarnai dengan adanya pihak ketiga yang bikin tarik ulur satu sama lain dan hampir nggak kelihatan hilal akhir hubungannya. Tapi ternyata, pasangan ini justru yang pertama kali menyuguhkan penyelesaian atas hubungan keduanya daripada pasangan-pasangan lainnya.

  • dr. Shao – Xing Keyao, Si Pasangan Dewasa

Di antara 3 pasangan di drama ini, pasangan ini adalah pasangan yang aku suka karena dewasa banget. Ya iyalah dewasa, karena umur mereka sudah nggak muda lagi. Dr Shao (Wayne Wang) ini dokter senior yang juga sekaligus dokter kepala di RS di mana Mi Ka magang. Sedangkan Xing Keyao (Zhang Yao) adalah kakak dari Xing Kelei. Umur mereka sudah masuk usia matang. Nggak heran kalau Xing Kelei menjuluki hubungan mereka adalah ‘asmara usia senja’, wkwkwk. Dasar adik kurang ajar.

Dr Shao yang pintar, tenang, ganteng, bijaksana, dan dewasa adalah pasangan yang serasi untuk Xing Keyao, seorang mantan dokter sekaligus pengusaha perempuan yang badass, berkelas, tetapi masih suka bimbang dan panikan dalam beberapa hal. Di drama ini mereka diceritakan sebagai pasangan CLBK yang dulunya sempat berpacaran. Mereka berpisah karena prinsip dan ego masing-masing. Kisah cinta mereka dalam banget, saking dalamnya sampai selama bertahun-tahun keduanya gagal move on satu sama lain.

Buat kalian yang butuh tontonan ringan, You are My Hero adalah rekomendasi yang bagus. Tapi buat kalian yang suka drama berat dan berkonflik tajam, drama ini akan sangat membosankan apalagi dengan episode yang panjang. Silakan tentukan pilihan kalian mau nonton apa nggak. Selamat menyelami profesi tokoh-tokohnya yang berkaitan erat dengan tugas kemanusiaan.

0 Comments
Previous Post
Next Post