Begin Again, Lika-Liku Panjang Kehidupan Pasangan Nikah Kontrak

Begin Again, Lika-Liku Panjang Kehidupan Pasangan Nikah Kontrak

Ada kalimat, dia yang paling nyaring tertawanya adalah orang yang paling menahan sakit di dalam hatinya. Makanya ada yang bilang jangan percaya kalau pelawak itu hidupnya bahagia, karena justru mereka melucu untuk menutupi luka-luka di hatinya. Betulkah begitu?

Begitu juga dengan orang yang terlihat kuat dan ceria. Bisa jadi memang dia kuat atau berpura-pura kuat untuk menutupi hatinya yang rapuh atau hidupnya yang amburadul.

Aku jadi ingat dengan salah satu pesohor Indonesia, Nindy, yang terlihat bahagia dan punya family goals di social media nyatanya adalah korban KDRT suaminya. Hidupnya tak seindah feed instagram yang selama ini diperlihatkannya.

Orang Jawa bilang urip iku sawang sinawang. Yang dilihat dengan mata kepala (atau dalam social media kalau zaman sekarang) bagus bukan berarti hidupnya bahagia dan baik. Siapa tahu di dalamnya ia sedang berjuang keras namun tetap ingin dilihat tegak dan sempurna di mata orang lain. Seperti halnya Lu Fang Ning, tokoh perempuan dalam Drama China Begin Again ini.

Baca Juga:   Dating In The Kitchen, Bikin Pengen Punya Sugar Daddy?

Sinopsis Begin Again

Judul: Begin Again / 从结婚开始恋爱 / Cong Jie Hun Kai Shi Lian Ai

Genre: Drama, Comedy, Romance

Negara: China

Sutradara: Xu Chi

Produser: Yu Hui

Penulis Skenario: Chen Li Wen, Jiang Yue Hua

Produksi: Mango TV, EE Media, Yuanyi Media

Channel TV: Hunan TV, Mango TV

Jumlah Episode: 35 Episode

Lu Fang Ning (Zhao Yutong) adalah seorang CEO muda, cantik, kaya, dan bertalenta yang memimpin Luming Grup, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang home furniture. Di usianya yang hampir mencapai kepala 3, Fang Ning selalu didesak keluarganya untuk menikah dan punya anak.

Untuk memimpin sebuah proyek di perusahaannya Fang Ning diharuskan memeroleh mayoritas suara direksi di perusahaannya. Ia pun menggunakan segala cara termasuk berkunjung ke salah satu dewan direksi yang baru saja melahirkan, Xiao Yingzhi, untuk merayu agar berada di pihaknya. Saat di rumah sakit itulah ia bertemu dengan Ling Rui (Gong Jun), seorang dokter bedah yang memiliki hati seperti malaikat.

Saat menjenguk Xiao Yingzhi, ia berkata pada Fang Ning bahwa Luming adalah perusahaan yang berfokus pada furniture untuk keluarga muda. Yingzhi bilang bagaimana Fang Ning bisa memimpin Luming kalau ia saja belum menikah.

Atas desakan keluarga dan kepentingan perusahaan, Lu Fang Ning mencari pasangan yang dirasa tepat. Hingga akhirnya ada suatu peristiwa yang membawanya kembali untuk bertemu Ling Rui. Bibi Ling Rui, Ling Yazhi ternyata memiliki hutang hingga 4 juta Yuan pada adik tiri Fang Ning.

Untuk membayar hutang-hutang tersebut, Fang Ning menawarkan untuk menikah kontrak dengan Ling Rui dalam jangka waktu setahun. Ling Rui yang begitu menjunjung ikatan sakral pernikahan awalnya menolak. Namun, setelah didesak dan Ling Rui melihat sebuah foto masa kecil Fang Ning, ia pun menyanggupi untuk menikah dalam jangka waktu setahun.

Layaknya sebuah pernikahan kontrak, awalnya berisi pertengkaran dan perbedaan pendapat. Apalagi Fang Ning sangat ingin memiliki anak, sementara Ling Rui enggan memiliki anak jika bukan karena cinta. Tak cuma itu, ada pula Lu Yiyao (Garvey Jin), paman tiri Fang Ning yang tiba-tiba pulang dari luar negeri menambah konflik rumah tangga mereka. Apalagi Lu Yiyao diketahui memiliki rasa cinta pada Fang Ning sejak kecil.

Konflik pun semakin seru setelah mereka bercerai dan Ling Rui tidak mengetahui bahwa diam-diam Fang Ning meninggalkan Ling Rui tepat di usia satu tahun pernikahannya. Ling Rui pun tidak tahu bahwa ia punya anak dari Fang Ning. Lalu bagaimana mereka melalui kehidupan kembali setelah beberapa tahun berpisah?

Review Begin Again

Ini adalah Drama China pertama yang kutonton setelah lamaaa sekali nggak pernah nonton Drama China (terakhir mungkin awal tahun 2000-an sebelum virus drakor merebak). Alasannya klasik sih, aku lagi stuck sama Drama Korea yang temanya dark, butuh drama yang ringan dan manis, lalu pemain drama ini mukanya bening-bening banget. Jadilah aku jatuh cinta pengen nonton dramanya. Dan ternyata not bad.

Tokoh Fang Ning dalam cerita ini seperti gabungan tokoh Yoon Se Ri dan Ko Moon Young di Drama Korea. Dia CEO, cantik, kaya, berkelas, modis, dan bertangan dingin dalam memimpin perusahaan tetapi juga blak-blakan dan asal terabas dalam banyak hal, termasuk untuk mendapatkan Ling Rui.

Fashionnya Fang Ning saat jadi CEO bagus-bagus banget

Tapi seperti halnya Yoon Se Ri dan Ko Moon Young yang menutupi kepedihan hatinya dengan bersikap seolah-olah kuat dan badasss, begitu juga sama Fang Ning. Rupanya ada rasa bersalah besar yang seumur hidup ingin ditebusnya hingga ia bersikap seperti itu.

Sementara itu, Ling Rui ini diceritakan soft boy banget. Dia dokter bedah, baik hati, penuh cinta, family man, sayang anak-anak, dan pintar. Pokoknya sosoknya perfect banget buat jadi calon suami. Makanya Fang Ning ngebet banget sama Ling Rui karena Ling Rui ini bibit unggul buat bikin anak. Duh, aku juga nonton drama ini gegara lihat visual Ling Rui yang cakep banget kok. Jadi nggak cuma Mbak Fang Ning yang oleng.

Kalau dokter bedahnya kayak gini, pengen sakit terus nggak?

Layaknya cerita pernikahan kontrak apalagi yang sudah diawali sama konflik, plot ceritanya pasti udah ketebak banget kan? Awalnya berantem mulu tapi lama-lama jatuh cinta. Apalagi ternyata Ling Rui dan Fang Ning punya memori di masa kecil. Ya semacam childhood sweetheart lah. Lalu muncul pihak ketiga yang bikin cemburu-cemburu. Udah tahu banget kan akan gimana?

Tapi biasanya cerita pernikahan kontrak hanya sampai pas mereka mau cerai trus nggak jadi karena masing-masing menyadari perasaannya, tapi di Begin Again beda. Mereka bahkan udah bercerai dan diceritakan hingga bagaimana bertahun-tahun kemudian mereka memulai hidup masing-masing kembali. Apalagi setelah Ling Rui tahu kalau ternyata Fang Ning hamil saat menceraikannya dan membesarkan anaknya sendirian di luar negeri. Mana anaknya ganteng dan pintar banget.

Episode-episode awal drama ini kocak banget sih karena Fang Ning nih agresif banget. Persis kayak Ko Moon Young tapi Fang Ning ini versi brutal. Dia pake segala cara biar bisa punya anak sama Ling Rui termasuk ngasih obat kuat di minumannya. Tapi begitu suatu hari dijabanin sama Ling Rui buat bikin anak, Fang Ning-nya malah ketakutan.

Yang aku suka banget dari drama ini adalah penampilan Fang Ning pas jadi CEO. Bajunya branded dan bagus-bagus banget mix and match-nya walaupun kadang suka diulang lagi pakai baju yang sama di episode lain. Bukan cuma Fang Ning sih yang bajunya bagus, baju mantan pacar Lu Yiyao juga bagus banget. Gesture-nya jadi berkelas dan kayak model banget pas jalan.

Walaupun Ling Rui ini profesinya dokter tapi drama ini jauh dari kesan drama medis. Karena lihat Ling Rui ya paling cuma pas praktik sama di kantornya aja. Nggak pernah lihat dia sampai adegan operasi padahal dokter bedah. Yang ada justru kebanyakan memperlihatkan sisi bisnis dari perusahaan Fang Ning.

Karena kebiasaan nonton Drama Korea yang ‘greng’ banget akting bahkan sampai kissing scene-nya, pas lihat Drama China aku jadi rada mengernyitkan dahi karena aktingnya kok kayak nanggung banget terutama Gong Jun. Kiss scene mereka juga sopan banget, paling cuma kecup bibir. Beda banget kan sama drakor yang kadang malah ada istilah-istilah tertentu kayak vacum cleaner-lah buat tingkatan kissing-nya.

Lu Yiyao dan Cai Si Yu

Selain kisah Fang Ning sama Ling Rui, ada banyak kisah lain yang diceritain. Yang aku suka sebenarnya justru kisah cintanya Lu Yiyao sama Cai Si Yu, sahabat Fang Ning yang juga karyawan Luming, yang diawali dengan kepura-puraan. Kisah cinta mereka tuh gemesin dan kadang bikin baper. Aku aja nangis pas mereka pisah, mana Yiyao jahat banget sama Cai Si Yu karena main ninggalin aja. Padahal Si Yu masih mau pacaran walaupun tahu Yiyao cintanya sama Fang Ning.

Pas episode-episode akhir, kisah Yiyao dan Si Yu justru di balik keadaannya. Yiyao malah jadi bucin banget sama Si Yu, ngejar-ngejar banget. Sayangnya, plot sama karakter Yiyao malah jadi agak dragging dan melenceng dari awal cerita. Kesannya jadi maksain part mereka harus kocak karena part Fang Ning dan Ling Rui berubah jadi melodrama. Padahal di episode-episode awal justru sebaliknya.

Satu hal lagi yang aku nggak sreg dari drama ini adalah kebanyakan side story. Okelah kalau diceritain side story kisah cintanya Gao Erfan (asistennya Fang Ning) yang ternyata dulunya adalah pacar Lu Yue (kakak Fang Ning) atau side story Lu Fang Yu (adik tiri Fang Ning) yang dimarahi habis-habisan sama bapaknya karena memilih buat jadi penari balet daripada pengusaha. Kisah mereka masih ada tarikan benang merahnya sama karakter Fang Ning. Tapi side story kisah Tang Ping, teman Fang Ning, yang juga selebgram dan disukai rekan kerja Ling Rui ini yang agak ganggu. Mana mengambil banyak durasi banget di episode-episode akhir. Padahal kalau ceritanya dihilangkan juga nggak akan berpengaruh banyak sama inti cerita. Makanya pas cerita si Tang Ping ini suka aku skip-skip aja.

So far, mau segimana klasik dan ketebaknya, genre nikah kontrak itu emang selalu menarik. Iya, bahkan nikah kontrak aja udah jadi genre. Aku nggak tahu kenapa kok Drama China banyak yang mengangkat tema ini. Apa karena di sana banyak fenomena kayak gini?  Entahlah…

Yang mau nonton drama ini, cocok banget ditonton buat yang butuh hiburan dan cuci mata. Tampang dan body Gong Jun sama Garvey Jin bikin oleng, cuy!

 

0 Comments
Previous Post